Resep Gado-Gado khas madura 1

Resep Gado-gado laziss khas madura

Assalamu’alaikum…

Hari ini gue pengen banget makan makanan yang banyak sayurannya, tapi makan Apa ya yang cocok? kalo dah mikir makanan yang banyak sayurannya, kayaknya yang cocok adalah Makan gado-gado, soalnya tuh makanan dah lengkap banget, ada kerupuk, ada sayurannya terus ada juga lontongnya, apa ngga siip tuh!

Baca Juga : Resep Mie Goreng Telur Hitam ala Gue

Apalagi gado-gado didaerah gue (madura), kayaknya ngga sama dengan gado-gado yang ada ditempat lain, soalnya gue dah pernah ngebuktiin sendiri nyoba makan gado-gado ditempat lain dan rasanya emang beda.

Jika loe penasaran pengen tau seperti apa rasa dan wujud dari gado-gado yang ada di madura, mending loe langsung aja simak Resep cara membuat Gado-gado Khas Madura agar bisa loe buat sendiri dirumah. Ini dia resepnya, Cekidot…

Resep Gado-Gado khas madura 1

Bahan-bahan kuah :

– 1/4kg kacang tanah yang sudah digoreng
– 200 gram gula merah
– 3 sendok makan tepung maizena (pake kentang juga bisa)
– 20 siung bawang putih goreng
– 50 gram bawang merah goreng
– 6 lembar daun jeruk purut (bukan hantu jeruk purut)
– 2 iris lengkuas (digoreng)
– 1/8kg cabe besar yang sudah digoreng
– santan dari 2 buah kelapa (kira-kira aja)
– garam secukupnya
– penyedap rasa secukupnya
– gula pasir secukupnya

 

Cara Membuat Kuah Gado-gado :

Haluskan kacang tanah bersama dengan bawang putih dan bawang merah juga cabe besar, daun jeruk puruk dan lengkuas nya ya gaes, kemudian rebus bersama dengan santan. Berikan garam, penyedap rasa, gula merah, dan gula pasir kemudian aduk-aduk hingga mendidih.

Ketika kuah sudah mendidih, campurkan tepung maizena yang sudah dikasih air secara perlahan-lahan ke dalam kuah. Tunggu hingga kuah mengental kemudian angkat.

Oh ya gaes, perpaduan garam dan gulanya harus pas ya. karena ketika dimakan sama sayur nanti, rasa manisnya akan lebih keluar.

Bahan-bahan sayur Β :

– telur rebus
– tahu goreng
– tempe goreng (gue ngga pake)
– kentang (dikukus)
– mentimun
– sawi putih (gue ngga pake)
– kecambah rebus
– kubis rebus
-lontong (diiris)

 

Bahan pelengkap :

– Krupuk belinjo (gue ngga pake)
– krupuk udang

Sambal cabe :

– cabe rawit direbus kemudian digiling bersama garam.

 

Cara menyajikannya :

Taruh lontong pada piring, kemudian taburi kubis, kecambah, irisan tahu, irisan tempe, telur rebus, irisan mentimun, irisan kentang, dan sawi putih. Kemudian sirami kuah gado-gado di atasnya lalu berikan pelengkap + sambal cabe.

Resep gado-gado khas madura 2

Hmmmm…laziz.
Gado-gado laziz siap dihidangkan.
hidangkan panas-panas ya gaes biar tambah maknyus. ok ges gitu aja ya, semoga postingan gue ini bisa bermnafaat buat loe semua. see U next post.. Babay baby

Baca Juga : Resep sate gule kambing Khas madura

Wassalamu’alaikum…

28 pemikiran pada “Resep Gado-gado laziss khas madura

  1. Hmmm berarti memang beda, kalau yang kukenal selama ini gado-gado tidak pakai kubis, kentang, dan sawi… Kalau di daerahku sayurnya pakai kangkung yang dominan. beda daerah beda resep gado-gadonya.. Itulah salah satu kekayaan kita bangsa Indonesia…

    Disukai oleh 1 orang

      1. Oh he..he. Pada`dasarnya sama mbak, tapi campurannya hanya lontong, tahu, ketimun, dan Kangkung yang dominan sampai batang-batangnya. Orang di daerahku suka sekali makan kangkung dengan batang2nya he.he…

        Disukai oleh 1 orang

      1. wah saya jualan makanan makanya doyan share masakan, saya disini punya kios makanan khas palembang misalnya pempek palembang. kemarin sempat jual kripik sanjay balado khas padang cuma skrg lg istirahat dl.

        Suka

      2. Bisa bikin keripik kelakai? Disini banyak kelakai, He He…. saya mau posting tulisan klakai tp krn sy gak tahu resepnya, yah gak jadi2 dech. Sya suka kuliner koq, heh maaf, penikmat kaliber aja dech, 😁😁

        Disukai oleh 1 orang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s